Cara Mengelola Sayur Kukus agar lebih sehat

Mengukus adalah salah satu cara tercepat dan paling efisien untuk memasak sayuran segar. Selain itu, juga lebih sehat dibanding dengan merebusnya. 

Sayuran kukus mampu mempertahankan nutrisi mereka, tidak luruh dalam air, seperti halnya jika direbus. Selain itu, bisa hemat energi juga. Anda bisa mengukus sayur, sembari menanak nasi di rice cooker susun, misalnya.
Cara menyajikannya pun gampang saja. Anda bisa memadukannya dengan sambal, atau disiram dengan dressing salad favorit, atau secara tradisional, dipadu dengan saus kacang: menjadi gado-gado.

Kesulitan: Cukup Mudah

Yang dibutuhkan:

    Sayuran (semisal brokoli, buncis, kol)
    Panci besar bertutup
    keranjang logam atau saringan (yang muat dalam     panci)


Caranya:



1. Cuci sayuran dan tempatkan dalam keranjang atau saringan.
        
2. Tempatkan keranjang atau saringan dalam pot. Sisi keranjang atau saringan harus menonjol di luar sisi panci, memungkinkan keranjang atau saringan yang akan menggantung di atas panci.
        

3. Tempatkan sedikit air dalam panci. Tak usah terlalu banyak, cukup untuk mendidihkan selama beberapa menit saja. 

4. Tutup panci dengan tutup yang longgar. Pastikan  tidak tertutup rapat; ada jalan bagi uap untuk keluar, agar warna sayur tidak menjadi coklat

5. Tempatkan panci di atas kompor. Hidupkan kompor pada suhu tinggi sampai air mulai mendidih, kemudiankecilkan setelah mendidih. 

6. Biarkan uap panas menerpa sayur selama 10-15 menit. Sayur kukus siap dihidangkan, baik untuk lalap, salad, atau digado.
Sumber : republika.co.id
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment