Cara buat Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak

Kegiatan belajar mengajar tahun pelajaran 2019/2020 sebentar lagi akan berakhir. Hal ini ditandai dengan pembagian hasil belajar siswa atau rapor kepada peserta didik tanggal awal Juni ini.Tentu saja agenda selanjutnya adalah Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2020/2021 baik di tingkat SD/SMP/SMA/SMK atau sederajat. Salah satu persyaratan yang harus dilengkapi saat melakukan pendaftaran PPDB adalah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak dari orang tua/wali calon siswa.

Artinya, orang tua yang ingin mendaftarkan putra-putrinya ke sekolah lanjutan, maka harus melengkapi berkas persyaratan administrasi berupa surat pernyataan tersebut.

Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak dibuat oleh orang tua/wali calon siswa harus dibuat sesuai dengan keadaan sebenarnya dan dalam keadaan sadar serta tanpa paksaan.  Dalam Surat Pernyataan tersebut orang tua/wali calon siswa harus memberikan pernyataan seperti poin-point berikut ini.


  1. Bahwa seluruh data/informasi yang diberikan dalam dokumen-dokumen persyaratan PPDB ini adalah benar.
  2. Bahwa saya tidak akan melakukan suap-menyuap dan atau perbuatan yang melawan hukum dalam pelaksanaan PPDB ini
  3. Apabila dikemudian hari ternyata apa yang saya nyatakan tersebut tidak benar, maka saya bersedia dikenakan sanksi/hukuman menurut ketentuan peraturan yang berlaku

Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak ditempeli materai dan tanda-tangan orang tua/wali calon siswa yang membuat pernyataan tersebut. Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak untuk PPDB dapat di download pada link berikut ini.
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak untuk PPDB

Download Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak untuk PPDB
Dengan adanya surat pernyataan ini diharapkan dapat mengurangi tindakan ilegal dalam pelaksanaan PPDB yang menerapkan sistem zonasi. Dengan demikian aturan-aturan terkait dengan PPDB dapat ditegakkan tanpa pandang bulu.

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment