Cara Lain Menghitung Perkalian dengan Mudah

Sebagian anak matematika adalah pelajaran yang sangat menakutkan. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menghindari matematika. Seperti sahabat saya beberapa waktu lalu yang stress hanya gara-gara nemu soal matematika saat mengikuti test tertulis seleksi penerimaan pegawai. Padahal hanya soal-soal statistik sederhana untuk mencari mean, modus dan median, tapi benar-benar membuat dia putus asa dan begitu pesimis kalau dia nggak bakalan diterima bekerja.


Matematika mempunyai jenjang dan aturan pemahaman yang jelas. Seorang siswa kelas 4 SD akan mengalami kesulitan mempelajari matematika jika materi pelajaran kelas 1, 2, dan 3 tidak dikuasai dengan baik. Penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian pecahan dan juga dasar-dasar perhitungan yang lain harus dapat dikuasai siswa dengan baik agar siswa yang bersangkutan tidak mengalami kesulitan yang lebih besar pada tingkat selanjutnya.

Kunci utama matematika sesungguhnya adalah kecermatan. Lewat kecermatan inilah kita bisa menentukan, mana dan di mana jalan keluar yang terbaik untuk menjawab soal.

Perkalian Angka antara 11 sampai 15



Formasi Jari untuk angka 11 sampai 15

Perhatikan formasi jari untuk angka 11 sampai dengan angka 15 diatas. Dengan formasi jari tersebut kita akan dapat menyelesaikan soal perkalian 11 sampai 15 dengan mudah dan sangat cepat.

Contoh pengoperasian perkalian

Dari gambar diatas dapat dijelaskan bahwa perkalian angka antara 11 sampai 15 dapat kita selesaikan dengan mudah. Kita hanya memposisikan jari seperti formasi di gambar pertama.

Contoh untuk soal 13 X 12

Langkah-langkahnya:

1. Posisikan Jari formasi 13 dan 12

2. Tulis angka 100

3. Jumlahkan jari-jari yang berdiri kiri ada 3 dan di kanan ada 2, dalam puluhan jadi jumlahnya 50

4. Kalikan angka-angka satuannya. Dari angka 13 dan 12 maka satuannya adalah 3 dan 2. Jadi hasil kalinya adalah 6

5. Jumlah keseluruhan hasil 100 + 50 + 6 = 156

Begitupun juga untuk soal nomor 2 diatas. Jika anak telah paham tidak perlu lagi menulis langkah-langkahnya hanya melihat formasi jari anak sudah mengetahui jumlahnya.

Perkalian angka “11 sampai 15″ dengan angka “16 sampai 20″


Formasi Jari untuk Angka 16 sampai 20

Formasi jari untuk angka 16 sampai 20 sama dengan formasi jari untuk angka 11 sampai 20. Untukpengoperasian kita lihat contoh gambar berikut ini.

Pengoperasian perkalian angka 11-15 dengan angka 16-20

Langkah-langkah pengoperasian hampir sama dengan perkalian angka 11 sampai 15. Yang membedakan hanya dilangkah ke 2.

Contoh 1 dalam gambar 16 X 11

langkah-langkahnya:

1. Posisikan Jari formasi 16 dan 11

2. Tulis angka 150

3. Jumlahkan jari-jari yang berdiri kiri ada 1 dan di kanan ada 1, dalam puluhan jadi jumlahnya 20

4. Kalikan angka-angka satuannya. Dari angka 16 dan 11 maka satuannya adalah 6 dan 1. Jadi hasil kalinya adalah 6

5. Jumlah keseluruhan hasil 150 + 20 + 6 = 176

Dan untuk soal nomor duapun sama pengoperasiannya.

*) catatan jika angka 20, maka pada langkah ke 4 satuannya bukan 0 melainkan 10.

Perkalian Angka 16 sampai 20

Pada perkalian angka ini formasi tetap seperti pada formasi jari diatas. (Lihat gambar ke-3). Pengoperasiannya juga hampir sama. Kita lihat dalam gambar.

Pengoperasian perkalian angka 16 sampai 20

Penjelasan untuk contoh di gambar 17 X 17

Langkah-langkahnya:

1. Posisikan Jari formasi 17 dan 17

2. Tulis angka 200

3. Jumlahkan jari-jari yang berdiri kiri ada 2 dan di kanan ada 2, dalam puluhan jadi jumlahnya 40

4. Kalikan angka-angka satuannya. Dari angka 17 dan 17 maka satuannya adalah 7 dan 7 Jadi hasil kalinya adalah 49

5. Jumlah keseluruhan hasil 200 + 40 + 49 = 289

*) catatan jika angka 20, maka pada langkah ke 4 satuannya bukan 0 melainkan 10.

Perkalian untuk Angka 21 sampai 25


Formasi Jari Untuk Angka 21 sampai 25

Formasi Jarinya pun tetap sama dengan formasi sebelumnya pada perkalian 11 sampai 20. Contoh pengoperasian bisa dilihat dari gambar berikut ini.

Pengoperasian perkalian angka 21 sampai 25

Untuk penyelesaian soal seperti gambar diatas. Langkah-langkahnya pun pada dasarnya sama dengan yang kemarin
Untuk penyelesaian soal pertama 22 X 22
langkah-langkahnya
1. Posisikan Jari formasi 22 dan 22
2. Tulis angka 400
3. Jumlahkan jari-jari yang berdiri kiri ada 2 dan di kanan ada 2 dan kalikan 2, dalam puluhan jadi jumlahnya 40 X 2 = 80
4. Kalikan angka-angka satuannya. Dari angka 22 dan 22 maka satuannya adalah 2 dan 2. Jadi hasil kalinya adalah 4
5. Jumlah keseluruhan hasil 400 + 80 + 4 = 484
Begitupun penyelesaian soal kedua. Sama caranya dengan langkah-langkah diatas

Perkalian Angka 21 sampai 25 dengan angka 26 sampai 30
Untuk perkalian antara angka 21 sampai 25 dengan angka 26 sampai 30 kita perhatikan formasi jari untuk angka 26 sampai 30.

Formasi Jari untuk Angka 26 sampai 30

Contoh pengoperasian perkalian angka 21-25 dengan angka 26-30 bisa kita lihat dengan memperhatikan gambar dibawah ini.

Contoh Pengoperasian perkalian angka 21-25 dengan angka 26-30

Penjelasan dari contoh soal tersebut diatas adalah sebagai berikut. Untuk soal pertama dalam contoh 22 X 27
langkah-langkahnya
1. Posisikan Jari formasi 22 dan 27
2. Tulis angka 500
3. Jumlahkan jari-jari yang berdiri kiri ada 2 dan di kanan ada 2 dan kalikan 2, dalam puluhan jadi jumlahnya 40 X 2 = 80
4. Kalikan angka-angka satuannya. Dari angka 22 dan 27 maka satuannya adalah 2 dan 7. Jadi hasil kalinya adalah 14
5. Jumlah keseluruhan hasil 500 + 80 + 14 = 594

Perkalian Angka 26 sampai 30
Untuk formasi jari mengikuti gambar ke 3. Formasi jari untuk angka 26 sampai 30. Contoh pengoperasian bisa kita lihat juga pada gambar dibawah ini.

Pengoperasian Perkalian Angka 26 sampai 30

Dari gambar tersebut dapat dijelaskan cara penyelesaian perkalian angka antara 26 sampai 30. Pada dasarnya sama yang berbeda hanya pada langkah ke-2.
Untuk contoh soal pertama 27 X 27
langkah-langkahnya
1. Posisikan Jari formasi 27 dan 27
2. Tulis angka 600
3. Jumlahkan jari-jari yang berdiri kiri ada 2 dan di kanan ada 2 dan kalikan 2, dalam puluhan jadi jumlahnya 40 X 2 = 80
4. Kalikan angka-angka satuannya. Dari angka 27 dan 27 maka satuannya adalah 7 dan 7. Jadi hasil kalinya adalah 49
5. Jumlah keseluruhan hasil 600 + 80 + 49 = 729

Semoga bermanfaat,

Sumber: Modul Seminar Aritmatika untuk Anak
Sumber :  http://ikhwaniril.blogspot.com/2010/04/cara-lain-menghitung-perkalian-dengan.html

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment