Cara Mengatasi Ketiak Basah

Mengatasi ketiak basah tentu penting dilakukan untuk menunjang penampilan kita. Tidak lucu bukan saat kita akan menghadiri acara penting, saat kita melambaikan tangan atau bahkan saat akan berjabat tangan tapi baju didaerah ketiak kita basah oleh keringat? Selain membuat kita tidak percaya diri, orang lain yang melihatpun akan merasa tidak nyaman melihatnya.


ketiak basah burket
ketiak basah burket

Masih ingat dengan istilah-istilah yang digunakan untuk ketiak basah beberapa tahun terakhir? Sebut saja ‘basket’ alias basah ketiak atau ‘burket’ alias bubur ketek. Yup! Iklan yang booming beberapa tahun lalu itu mengeluarkan jargon tertentu untuk panggilan ketiak basah. Jargon itu begitu terkenal sehingga banyak orang mulai memperhatikan penampilannya terutama di bagian ketiak.

Ya, tak dapat dipungkiri memang di jaman sekarang ini penampilan memang di nomor satukan. Orang saat pertama kali bertemu tentu yang dilihat pertama kali adalah penampilannya. Oleh karena itu, agar penampilan kita sempurna, jauh dari burket, simak cara mengatasi ketiak basah berikut ini!

ketiak basah
ketiak basah

Apa sih penyebab ketiak basah?

Mengatasi ketiak basah agar lebih efisien dan tepat sasaran, harus kita ketahui penyebabnya. Penyabab ketiak basah antara satu orang dengan orang lain dapat berbeda. Berikut ada beberapa penyebab yang dipercaya menjadi penyebab dari ketiak basah.

Konsumsi kopi
Kafein dalam kopi dapat merangsang sistem syaraf pusat untuk mengaktifkan kelenjar keringat, sehingga semakin banyak kafein yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak pula produksi keringat anda. Dan salah satu tempat pengeluaran keringat adalah ketiak.

Makanan dan minuman panas
Saat mengonsumsi makanan atau minuman panas, suhu tubuh anda meningkat dan akhirnya membuat anda berkeringat lebih banyak.

Kain sintesis
Tujuan utama dari berkeringat adalah untuk mendinginkan suhu tubuh. Kain sintesis seperti polyester dan akrilik dapat mencegah keringat menguap sehingga memicu tubuh mengeluarkan keringat yang lebih banyak.

Makanan pedas
Beberapa orang memiliki reaksi peningkatan produksi keringat pada saat makan makanan pedas. Otak manusia bereaksi terhadap capsaicin, zat dalam cabe yang bersifat panas yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar keringat.

Premenstruation Syndrome (PMS)
Pada saat perempuan mengalami Premenstruation Syndrome (PMS), kadar estrogen turun menjadi rendah sehingga menyebabkan kepanasan. Hal ini juga dapat terjadi pada perempuan yang kadar hormonnya berubah-ubah secara dramatis.

Minuman beralkohol
Saat mengonsumsi alkohol, tubuh anda akan melalui proses vasodilatasi, yaitu pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan meningkatnya temperatur kulit. Sehingga otak akan mengirimkan sinyal untuk mendinginkan tubuh dengan cara mengeluarkan keringat.

Rokok
Nikotin mempengaruhi kadar hormon, kulit dan otak. Nikotin dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah serta suhu tubuh yang semuanya dapat memicu keringat.

Obat
Obat tertentu dapat membuat produksi keringat lebih banyak, misalnya obat tekanan darah, antidepresan, obat anti-inflamasi, dan beberapa obat diabetes.

Bagaimana cara mengatasi ketiak basah?

Mengatasi ketiak basah dapat dilakukan dengan beberapa cara yang sederhana. Di bawah ini terdapat beberapa cara mengatasi ketiak basah yang mudah, aman dan nyaman untuk dilakukan. Check this out!

Atur pola makan
Terlalu sering makan makanan pedas dan minum minuman panas kurang baik lho, karena makanan dan minuman ini dapat memicu kelenjar keringat untuk bekerja mengeluarkan keringat lebih banyak.

pakai deodorant
pakai deodorant
Pakai deodorant atau antiperspirant
Ini adalah cara yang paling sering dilakukan untuk mengatasi ketiak basah, yaitu memakai deodorant atau antiperspirant setelah mandi. Deodorant dapat membantu menutupi bau tidak sedap ketiak, sedangkan antiperspirant mengandung bahan yang dirancang untuk menghentikan keringat. Disarankan untuk menghindari deodorant yang mengandung banyak parfum, karena parfum bisa menambah produksi bakteri dan keringat pada ketiak.

Baking soda
Oleskan baking soda yang telah dicampur air dengan perbandingan 2:1 selama 25 menit. Baking soda mengandung alkaline yang dapat memproduksi gas yang mengurangi keringat pada ketiak. Lakukan secara rutin setiap hari selama seminggu.

Cuka apel atau cuka gandum
Oleskan cuka apel atau cuka gandum hingga menutupi seluruh permukaan ketiak sebelum tidur. Biarkan satu malam. Cuka dapat membunuh bakteri jahat, menghilangkan bau tidak sedap dan menghilangkan keringat berlebih. Setelah itu cuci bersih ketiak dengan air sabun di pagi harinya.

Gunakan pakaian yang nyaman
ketiak kering tanpa burket
ketiak kering tanpa burket
Gunakan pakaian yang terbuat dari kain alami, seperti kapas, wol atau linen. Jenis pakaian tersebut memungkinkan kulit bernafas dan menjaga ketiak tetap kering. Hindari juga pakaian yang ketat.

Kurangi stress
Stress dapat mempengaruhi produksi keringat menjadi lebih banyak. Usahakan untuk rileks, tenang dan tak mudah emosi. Gaya hidup yang sehat dapat membantu tubuh menjaga keringat tetap normal. Sekian dulu cara menngatasi ketiak basah dari kami.
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment