Cara Lelaki Obati Kesedihan Adalah dengan Sering Berjemur

Jakarta, Kesedihan yang berlarut-larut bisa memicu stres dan depresi, tak terkecuali pada kaum laki-laki. Untungnya pada laki-laki, ada cara mudah untuk mengatasinya yakni dengan sering-sering berjemur atau langsung minum suplemen vitamin D.

Seorang ahli endokrinologi dari Delaware, Sonal Pathak, MD baru-baru ini melakukan eksperimen terhadap sejumlah lelaki yang memiliki gangguan depresi. Dalam eskperimen tersebut, pemberian vitamin D dosis besar bisa mengatasi depresi dalam jangka pendek.

Ide awalnya bermula dari hasil penelitian terdahulu, yang membuktikan bahwa kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko depresi. Saat diperiksa, banyak pasien depresi juga mengalami kekurangan vitamin D sehingga diyakini keduanya saling berkaitan.

"Ketika saya memperbaiki kekurangan tersebut, mereka mengalami perbaikan mood dan energi. Saya lalu memutuskan untuk mencari dosis yang tepat untuk vitamin D pada 3 pasien," kata Dr Pathak seperti dikutip dari MensHealth.com, Kamis (12/7/2012).

Dr Pathak memulai eksperimennya pada 3 pasien laki-laki menggunakan vitamin D2 dengan dosis 50.000 IU (International Unit) sebanyak sekali sepekan selama 8 pekan. Selanjutnya, Dr Pathak memberikan vitamin D3 dengan dosis 1.000 IU setiap hari selama 4 pekan berikutnya.

Setelah 12 pekan menjalani eksperimen, para pasien mengalami perbaikan suasana hati. Dari yang semula selalu sedih karena mengalami depresi, lambat laun para pasien mulai menemukan kebahagiaan dan wajahnya tidak lagi tampak murung.

Dikatakan oleh Dr Pathak, vitamin D mempengaruhi kerja otak khususnya di bagian amygdala dan hippocampus yang berhubungan dengan suasana hati. Selain itu, vitamin D juga mempengaruhi pelepasan neurotransmiter rasa senang seperti dopamin, serotonin dan epinephrine.

Selain dari suplemen, vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan dan minuman sehari-hari seperti susu, telur dan kacang-kacangan. Vitamin D yang berasal dari makanan biasanya baru berbentuk calon vitamin, sehingga harus diubah dulu menjadi vitamin dengan bantuan sinar matahari pagi.
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment