Cara Alam Menyayangi Jantung Kita

Miliki jantung kuat dan sehat dengan 5 asupan alami ini.

Cara Alam Menyayangi Jantung Kita
Foto: iStockPhoto
Penyakit jantung masih menjadi penyakit pembunuh nomor 1 di dunia! Tapi, berita baiknya adalah dengan melakukan pola makan sehat, olahraga secara rutin, menjaga berat badan normal, tidak merokok, dan membatasi asupan alkohol, kita mampu memangkas risiko penyakit jantung hingga 92%, demikian temuan studi di Swedia terhadap 24.000 wanita.
Masih butuh amunisi untuk terbebas dari berbagai masalah jantung? Coba lengkapi pola hidup sehat kita dengan amunisi alami dengan menambahkan 5 asupan alami yang lezat ini dalam menu makanan kita sekeluarga.
Kacang hitam (black beans)
Kacang bertekstur lembut yang sering menjadi bahan pembuat kecap manis ini, dikemas oleh alam dengan nutrisi pelindung jantung yang baik, seperti folat, antioksidan, magnesium yang mampu menurunkan tekanan darah. Plus, serat kacang hitam juga bisa mengendalikan kadar kolesterol dan gula darah. Tip : kacang hitam kaleng sangat mudah untuk ditambahkan dalam menu sup atau salad. Jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu sebelum digunakan, ini dilakukan untuk membuang ekstra sodium yang ada di kacang.
Salmon
Kayanya kandungan omega-3 EPA dan DHA, membuat salmon menjadi jawara pelindung jantung. Omega-3 bisa menurunkan risiko rhythm disorder (kelainan denyut jantung), yang bisa memicu terjadinya stroke dan serangan jantung. Salmon juga akan menekan kadar trigliserida dan meredakan peradangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi salmon 2 kali seminggu, saran The American Heart Association. Butuh rekomendasi resep salmon : KLIK Salmon Panggang Saus Mangga
Extra Virgin Olive Oil
Minyak ini terbuat dari perahan pertama dari buah zaitun yang sangat kaya akan polyphenol, yaitu antioksidan yang baik untuk jantung, sekaligus lemak monounsaturated (lemak tak jenuh tunggal) dan pelindung pembuluh darah. Ketika penggunaan lemak jenuh (mentega atau butter) diganti dengan minyak zaitun, kadar kolesterol akan menurun secara signifikan. Resep yang wajib dicoba : KLIK Salad Saus Zaitun Bawang
Kacang kenari.
Cukup dengan mengonsumsi segenggam kecil (42,5 gram) kacang kenari setiap hari, kita sudah bisa menurunkan kadar kolesterol dan menekan peradangan yang terjadi di arteri. Kacang gurih ini dikemas dengan Omega-3, monounsaturated fat, dan serat. Manfaat akan terlihat, saat kita kacang kenari bisa menggantikan segala camilan keripik dan kue manis kegemaran kita. Gunakan kenari sebagai dressing di atas salad favorit kita.
Edamame
Santapan pembuka yang sering ada di restoran Jepang ini memang tak hanya baik di mulut, tapi juga baik bagi tubuh. Kacang hijau ini kaya akan protein yang bisa menurunkan kadar trigliserida. Di dalam 77,5 gram edamame juga mengandung 9 gram serat menekan kolesterol, atau setara dengan 3 tangkap roti gandum. (Astrid Anastasia)

sumber :prevetionindonesia.com
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment