Cara Hindari Gemuk Pasca Berhenti Merokok

Dok. Thinkstock
Jakarta - Merokok mempercepat metabolisme dan menekan nafsu makan, itulah sebabnya perokok yang berhenti merokok cenderung punya selera makan lebih besar dan menjadi gemuk. Ada beberapa cara agar tak gemuk setelah berhenti merokok.

Mantan perokok sering beralih ke makanan untuk memuaskan rasa lapar untuk kembali merokok. Mantan perokok juga menginginkan lebih banyak makanan karena mulut dan tangan tidak bermain-main lagi dengan rokok.

Ini adalah gejala penarikan (withdrawal) fisik dan psikologis yang akhirnya menghilang, biasanya dalam waktu 2 bulan setelah memulai program berhenti merokok.

Berikut beberapa cara untuk mengurangi nafsu makan dan tidak gemuk setelah berhenti merokok, seperti dilansir Livestrong, Jumat (28/10/2011):

1. Makan banyak serat
Serat membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat selama waktu makan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ganti gula halus dengan buah dan roti putih dengan roti gandum. Tambahkan lebih banyak sayuran dalam makanan, ganti kentang dan makanan bertepung lain dengan sayuran berdaun hijau.

2. Tidur minimal 8 jam setiap malam
Kurang tidur membuat Anda cenderung lebih ngidam makanan manis setelah berhenti merokok dan menguras energi di siang hari, serta membuat tubuh membakar kalori lebih sedikit. Gunakan metode alami untuk tertidur dan tetap tidur. Hindari bangun di tengah malam untuk mencari camilan.

3. Memulai program latihan olahraga
Perbanyak aktivitas fisik untuk membakar kalori dan mengontrol berat badan. Olahraga juga akan membantu Anda lebih cepat melupanan rokok. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi bahan kimia otak yang meningkatkan suasana hati dan meringankan stres, sehingga mengurangi gejala penarikan rokok.

4. Tetaplah beraktivitas
Perokok sering meraih rokok ketika merasa bosan atau untuk mengisi waktu sehingga ketika mantan perokok bosan, mereka sering beralih ke makanan. Hindari godaan untuk makan dengan melakukan kegiatan yang membuat Anda sibuk dan mengalihkan perhatian dari makanan. Beberapa mantan perokok merasa terbantu dengan menjaga tangan tetap sibuk.

Sumber : Merry Wahyuningsih
http://surabaya.detik.com/read/2011/10/28/073110/1754463/595/tips-hindari-gemuk-pasca-berhenti-merokok
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment