Cara Menghilangkan Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan


Ketulangan tulang ikan memang menjengkelkan. Saat sedang asyik-asyiknya makan ikan yang lezat tiba-tiba harus terhenti karena adanya tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Nah, melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai cara menghilangkan duri yang tersedak di tenggorokan dengan mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua dan bisa menjadi solusi bagi anda ketika mengalami ketulangan tulang ikan.
Ketulangan tulang ikan sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja jika dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan akan menyebabkan luka dan infeksi pada tenggorokan. Jika infeksi ini tidak segera di tangani maka berisiko menyebabkan kematian. Pada tenggorokan sendiri sebenarnya ada enzim yang dapat menghancurkan tulang ikan, hanya saja hal itu membutuhkan proses dan prosesnya tergantung dari besar kecilnya ukuran tulang ikan.

Cara terbaik untuk menghilangkan ketulangan tulang ikan adalah dengan memeriksakannya ke dokter THT. Kenapa terbaik? karena dokter THT memiliki alat tersendiri untuk melihat kedalam tenggorokan sehingga posisi tulang ikan mudah diketahui, selai itu mereka juga memiliki alat yang dapat mengambil tulang ikan bahkan walaupun jauh di dalam tenggorokan. Namun sebelum pergi ke dokter THT, ada baiknya anda mencoba beberapa cara menghilangkan ketulangan tulang ikan berikut ini.

Cara Menghilangkan Ketulangan Tulang Ikan

1. Jangan coba-coba mengeluarkannya menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan karena hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan anda terlebih lagi kita tidak dapat menjamin kebersihan tangan kita.

2. Cobalah untuk minum segelas air, tapi perhatikan juga efeknya. Jika dirasa ada efek yang positif sebaiknya diteruskan tapi jika tidak ada perubahan sebaiknya dihentikan sebab hanya akan membuat anda perut kembung. Cara ini hanya efektif untuk tulang yang menempel di tenggorokan dan menempelnya tidak terlalu kuat.

3. Cobalah untuk batuk agar durinya keluar, jika dirasa tidak berpengaruh sebaiknya dihentikan karena jika terlalu lama dikhawatirkan akan membuat tenggorokan jadi meradang.

4. Ambilah segenggam nasi kemudian padatkan dan jadikan gumpalan. Telan gumpalan nasi tersebut tanpa air. Dengan begitu tulang akan menancap pada nasi dan ikut terbawa ke lambung.

5. Selain nasi anda juga bisa menggunakan pisang. Sama seperti nasi, pisang yang anda makan jangan dikunyah. Cukup dipotong menjadi beberapa bagian besar yang dirasa anda sanggup menelannya kemudian telan. Duri yang menancap pada pisang akan terbawa ke lambung.

6. Cara lainnya adalah dengan menelan bolu dengan ukuran yang besar. Tulang yang terkena bolu akan terbawa ikut ke lambung.

7. Jika dirasa cara-cara di atas tidak berhasil, sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter THT. Karena dikhawatirkan tulangnya menancap cukup kuat dan ditakutkan ada peradangan dan infeksi pada tenggorokan.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa cara dalam menghilangkan ketulangan tulang ikan.

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment