Cara Mengatasi Gusi Berdarah dengan 12 langkah

Mengatasi gusi berdarah janganlah di anggap remeh. Gusi yang sering berdarah bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Umumnya orang kurang memperhatikan kesehatan gusi, tapi jika sudah sakit pasti makan apa saja menjadi tidak enak. Oleh karena itu segera atasi dan obati gusi yang berdarah.
Ads by google:


gusi berdarah
gambar gusi berdarah
Menurut peneliti di Inonu University, Turki, pria yang sering mengalami masalah gusi berdarah, besar kemungkinannya akan mengalami disfungsi ereksi. Hal ini disebabkan bakteri dalam mulut bisa masuk ke dalam darah dan menginfeksi pembuluh darah termasuk arteri. Akibatnya pembuluh darah akan menyempit dan ereksi pun menjadi bermasalah.

Penyakit gusi berdarah ternyata dapat menimbulkan penyakit berbahaya yang tentunya kita semua tidak ingin mengalaminya. Jika anda mengalami gusi berdarah, maka segera atasi!

Penyebab gusi berdarah

Mengatasi gusi berdarah haruslah diketahui terlebih dahulu penyebabnya agar kita bisa mengatasinya dengan baik. Ada beberapa penyebab gusi berdarah seperti infeksi oleh bakteri, jamur atau virus. Penyebab yang lain yaitu:
  • Gusi berdarah selalu diidentikkan dengan buruknya perawatan kesehatan mulut
  • Pembersihkan plak gigi yang tidak benar pada garis gusi sehingga menyebabkan gingivitis atau gusi meradang
  • Plak yang tidak dihilangkan secara teratur maka akan mengeras menjadi karang gigi yang akhirnya dapat mengakibatkan pendarahan atau bahkan lebih parah lagi menyebabkan penyakit rahang dan gusi yang dikenal sebagai periodontitis.
  • Pemasangan gigi palsu yang tidak pas
  • Adanya penyakit lain seperti Leukemia, Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP)

Cara mengatasi gusi berdarah

perawatan gigi
Mengatasi gusi berdarah dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Seperti menghindari penggunaan tembakau atau merokok yang dapat memperburuk kondisi gusi. Bisa juga dengan mengkonsumsi yoghurt putih, cara ini bisa membunuh bakteri di mulut. Beberapa tips lain yang dipercaya ampuh mengatasi gusi berdarah yaitu:
  • Kontrol pendarahan gusi
    Caranya mengontrol pendarahan gusi dengan member tekanan langsung pada gusi dengan kain kasa yang telah direndam dalam air es
  • Batasi asupan gula
    Kelebihan gula dapat menyebabkan kerusakan gigi dan memperparah pendarahan.
  • Air lemon
    Perasan air lemon bermanfaat membunuh kuman dalam mulut sehingga dapat mengatasi gusi berdarah dan bengkak. Gunakan untuk berkumur 2-3 kali sehari dalam beberapa menit.
  • Daun dan akar sereh
    Gunakan 15 gram akar dan daun sereh, tambah dengan 20 gram kunyit lalu di rebut dengan 500 cc air yang sudah dicampur dengan garam secukupnya. Rebus hingga air tersisa 200 cc lalu minum.

  • Minyak cengkeh
    Caranya encerkan minyak cengkeh dengan minyak zaitun lalu oleskan di gusi yang berdarah. Minyak cengkeh memiliki anti-bakteri dan anti-inflamasi yang baik.
  • Daun jarak dan kapur sirih
    Rebus 1 buah kapur sirih dan 5 lembar daun jarak. Gunakan airnya untuk berkumur.
  • Jus strawberry dan lemon
    Perpaduan antara strawberry yang memiliki kandungan vitamin C dan lemon mampu mengobati infeksi. Blender 3-4 buah strawberry lalu campur dengan 1 sendok makan perasan lemon. Gunakan untuk menyikat gusi.
  • Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak vitamin E
    Virgin Coconut Oil atau minyak vitamin E dapat membunuh bakteri. Cukup gosokkan pada gusi.
  • Bawang putih
    Perbanyak konsumsi bawang putih karena bawang putih memiliki efek antibiotic alami untuk melawan infeksi.
  • Larutan air garam
    larutan garam
    Caranya cukup mudah, hanya larutkan 1 sendok makan dalam 1 gelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur beberapa menit dan lakukan beberapa kali dalam satu hari.
  • Tawas
    Campur 10 gram tawas bersih dengan 300 cc air, campurkan sedikit peppermint olie. Gunakan untuk berkumur.
Anda juga perlu menghindari penggunaan aspirin, obat pengencer darah, kecuali ada resep dari dokter. Untuk menjaga kesehatan mulut sebaiknya kunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk merawat gigi seperti menghilangkan plak dan mendapatkan tips cara sehat mengobati dan merawat gigi yang baik.

senyum sehat tanpa masalah
senyum sehat tanpa masalah
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment