Cara Mudah Memblokir Nomor Telepon pada Perangkat Android, iOS, dan Windows Phone

Cara Mudah Memblokir Nomor Telepon pada Perangkat Android, iOS, dan Windows Phone – Memiliki sebuah smartphone bisa jadi hal negative dan positif. Salah satu hal positif punya perangkat yang satu ini adalah user dapat melakukan panggilan atau menerima panggilan telepon dari teman atau keluarga kapanpun dan dimanapun. Tapi, panggilan masuk kadang tak selalu berasal dari orang yang kita harapkan, missal: mantan, orang tak dikenal dan lain-lain.
Meski anda bisa meminta bantuan pada operator provider untuk memblokir nomor-nomor tertentu. Namun, apa gunanya smartphone yang ada di tangan anda jika tetap memerlukan bantuan operator untuk masalah semacam ini. Sebab, andapun dapat memblokir nomor-nomor tertentu yang anda inginkan menggunakan smartphone. Berikut ini adalah cara untuk memblokir nomor telepon pada smartphone yang menggunakan platform Android, iOS 7, dan Windows Phone 8.

Pada perangkat iOS
Untuk melakukan pemblokiran daftar telepon pada smartphone iOS 7 sebenarnya merupakan hal yang cukup sederhana.  Anda dapat membuka aplikasi telepon >> lalu buka rincian kontak >> scroll ke bagian bawah dan pilih “Block this Caller”. Jika cuma beberapa nomor tertentu yang ingin di blok, dapat anda temukan dalam daftar panggilan terakhir, kemudian tekan ikon “i”, arahkan ke bawah lalu pilih “Block this Caller. Menariknya lagi, tak hanya panggilan telepon yang bisa anda blok dari nomor tersebut, namun juga pesan teks dari nomer yang sama. Bahkan, panggilan FaceTime bisa diblokir pula dengan cara ini.
Pada perangkat Android
Memblokir kontak dan nomer telepon pada Android dengan salah satu dari dua metode ini, baik dengan memakai bantuan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut, atau juga dengan fitur built in pada smartphone Android anda. Namun, yang perlu anda tahu bahwa tidak semua perangkat Android punya fitur built in ini.
Hanya beberapa perangkat Android saja yang sudah dilengkapi dengan fitur ini, termasuk diantaranya : Samsung, LG, dan HTC. Jika anda memakai perangkat Samsung, langkahnya : buka aplikasi telepon >> tekan tombol “Menu” >> dan pilih “Call Setting”. Buka menu tsb, dan masukkan nomer yang ingin anda blokir. Proses yang sama juga dipakai pada perangkat Android LG terkini.
Tetapi, pada perangkat Android HTC yang running dengan Sense UI versi 5 ke atas, cukup dengan cara membuka phonebook anda lalu tekan tombol “Menu” pada sudut kanan atas. Lalu pilih “Blocked Contacts” lalu tambahkan nomor yang akan diblokir.
Atau anda juga bisa memakai opsi lain dengan cara memilih dari sekian banyak aplikasi untuk memblokir nomor telepon yang tersedia di Play Store. Salah satu  yang sangat populer adalah Mr Number. Aplikasi ini dapat memblokir nomor telepon yang telah dipilih, atau mencegah orang dengan nomor telepon hidden (tersembunyi) untuk mengganggu anda. Bahkan, kehebatannya, aplikasi ini bisa melaporkan spam berupa pesan teks. Aplikasi Mr Number bisa anda dapatkan dengan gratis di Google Play Store.
Pada Perangkat Windows Phone
Untuk Perangkat Windows Phone 8 anda, perlu running dengan software GDR2. Selain itu juga, anda masih membutuhkan sebuah aplikasi tambahan bernama aplikasi Nokia call+SMS filter, yang telah tersedia di WP Marketplace.
Ketika diinstall, aplikasi ini akan menambahkan pilihan pemblokiran untuk aplikasi handset pada ponsel anda. Dan pilih kontak telepon yang ingin diblokir dengan cara menahan jari sampai muncul sebuah menu. Atau, masuk ke menu Setting dan scroll bagian paling bawah lalu pilih call+SMS filter yang dapat pula dipakai untuk menghapus daftar entry dari nomer yang diblokir.
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment