Cara Menghilangkan Noda Pakaian (part 2)

 Sinopsis: Merawat pakaian memang gampang-gampang susah. Kalau pakaian kotor, tinggal dicuci saja. Namun, ada kalanya kita menemukan beberapa noda yang sulit dihilangkan. Berikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda jika pakaian kesayangan terkena noda.
Noda Getah

Pada bagian yang terkena noda, teteskan 2 atau 3 tetes minyak tanah, lalu rendam pakaian dalam air beberapa saat. Setelah itu, oleskan sabun deterjen pada bagian ternoda, lalu gosok perlahan dengan menggunakan sikat gigi. Jika getah sudah hilang, maka pakaian dapat dicuci seperti biasa.
Noda Teh dan Kopi
Jika bahan pakaian yang ternoda berasal dari katun atau kapas, rendamlah pakaian ke dalam larutan panas dari boraks atau asam tartaric. Namun, jika bahan pakaian berasal dari sutera, wol, atau sintetis, maka gunakan larutan boraks hangat atau larutan ultraoksidasi edrogen (air oksigen) hangat.
Noda Lemak
Untuk pakaian berbahan katun, noda dapat dihilangkan dengan mencucinya dengan air hangat yang dicampur sodium. Sedangkan untuk pakaian berbahan sutera atau sintetis, noda lemak dapat dihilangkan dengan bensin dan bedak. Caranya usap bagian bernoda dengan kain yang dicelupkan dalam bensin, lalu taburkan bedak, sikat dengan lembut. Ulangi proses sampai noda hilang.
Noda Keringat
Untuk bahan pakaian katun putih, gunakan larutan penghilang warna untuk menghilangkan noda keringat. Namun, jika bahan pakaian berwarna atau dari sutera, gunakan air oksigen yang dicampur dengan amonia.
Noda Darah
Untuk pakaian yang boleh dicuci, gunakan larutan penghilang warna untuk pakaian berwarna putih dan larutan boraks hangat untuk yang berwarna-warni. Sedangkan untuk pakaian yang tidak boleh dicuci, Anda dapat menghilangkan noda dengan adonan amonia, sikat lembut, dan ulangi proses sampai noda hilang.
Noda Buah-Buahan
Noda bisa lenyap dengan larutan penghilang warna atau larutan boraks yang telah dididihkan selama 5 menit.
Noda Susu
Noda susu akan hilang jika Anda meletakkan bagian ternoda di atas sebongkah es, tunggu sampai noda susu membeku, lalu hilangkan. Jika masih berbekas, maka hilangkan dengan cuka asam.
Noda Cat
Rendamlah pakaian yang terkena cat dalam kerosin, lalu hilangkan sisa noda yang membandel dengan bensin.

Sumber : kapanlagi.com

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

1 comments: