Cara Memilih Barang Bekas

Membeli barang bekas ternyata memiliki seni tersendiri. Selain harus tahu tempat-tempatnya, kita pun harus jeli memilih agar tak membeli barang yang sudah hampir tak bisa dimanfaatkan lagi.
Ada beberapa petunjuk yang mungkin bermanfaat bagi anda yang ingin berbelanja di pasar loak.
1.Bila hendak membeli buku bekas, teliti lebih dulu halaman demi halaman. Cocokkan antara sampul dengan isi buku, siapa tahu sudah beda antara sampul dengan isinya.
Perlu juga mengadakan semacam perjanjian dengan si penjual bilamana ada halaman yang hilang atau kosong, buku tersebut boleh ditukar.
2.Sebaiknya selain menyebutkan judul buku dan nama pengarang, kita juga menyebutkan cirri-ciri sampul bukunya.
Apakah berwarna hijau bergaris atau kuning polos.Maklum, di situ buku bertumpuk, tak mungkin penjual bisa menghafal judul.
3.Sebelum membeli perabotan seperti tempat tidur, lemari pakaian, atau meja makan, yang perlu ditanya dan diperhatikan justru jenis kayunya.
Bukan model atau pun warna catnya, karena cat bisa menyembunyikan kerusakan pada permukaan kayu.
4.Jangan lupa pula memeriksa bagian dalam perabotan tersebut.Siapa tahu ada yang patah dan disambungkan begitu saja, sehingga sampai dirumah kita harus keluar biaya lagi untuk menggantinya.
5.Bila hendak membeli celana jeans atau jaket, sebaiknya periksa dulu bagian-bagian jahitannya.
Siapa tahu ada yang robek dan robekannya ini tidak pas di jahitan. Ini berarti kita harus menisiknya atau mungkin malah menambalnya.
Periksa pula resletingnya, apakah gigi-giginya masih utuh? Kancingnya apakah masih lengkap? Kalaupun ada satu yang lepas, mungkinkah diganti sendiri?
6.Membeli tas pun hendaknya dilihat lebih dulu risleting atau kancingnya.Bila memang harus diganti sendiri, apakah hal itu mungkin dilakukan?
Apakah biayanya tidak terlalu mahal, sehingga harganya menjadi tak berda jauh dengan yang baru sama sekali.
7.Untuk kopor, telitilah pegangannya. Siapa tahu sudah tinggal jebolnya saja. Bagaimana keadaan bagian dalamnya? Apakah sudah terlalu banyak bagian yang koyak?
8. Sebelum membeli sepeda kita pun hendaknya meneliti bagian demi bagian.Mulai dari jeruji, rem, sadel sampai bagian-bagian sambungannya.
Malah bila mungkin cobalah menaikinya.Siapa tahu timbul bunyi yang menandakan kerusakan berat.
9.Bila hendak membeli sepatu, seyogyanya periksalah bagian bawahnya. Juga haknya.
Mungkin saja dari luar kulitnya masih bagus, namun tak berapa lama setelah dipakai langsung terbuka.

sumber : tabloid nova
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment