Cara Tepat Bersihkan Luka Ringan

mountauburnhospital.org
SAAT beraktivitas, tidak sengaja Anda mendapati luka kecil pada tubuh. Jangan biarkan terlalu lama tanpa perawatan, sebab, luka jika dibiarkan atau dibersihkan secara tidak tepat, akan menimbulkan infeksi.

Luka ringan merupakan jenis luka yang diakibatkan oleh goresan, teriris, ataupun tertusuk benda tajam.

Untuk meminimalisasi dampak dari luka, berikut tips yang dikutip dari drugs.com.

1. Bersihkan luka dengan air dingin yang mengalir, atau jika Anda merasa kurang nyaman karena takut terasa lebih sakit, tuangkan air tersebut ke dalam cangkir atau wadah, kemudian siram luka secara perlahan. Setelahnya keringkan dengan kain lap yang lembut.

2. Bersihkan kulit di sekitar luka dengan air dan sabun, kemudian keringkan juga dengan kain lap yang lembut atau tisu.

3. Jangan sesekai membersihkan luka dengan sabun. Selain berakibat fatal pada luka dengan infeksi yang ditimbulkan, penggunaan sabun terhadap luka pastinya akan memberikan sensasi rasa sakit.

4. Hilangkan benda asing seperti kulit yang telah terkelupas dengan menggunakan pinset yang sebelumnya telah direndam dengan larutan alcohol isopropyl.

5. Hindari penggunaan alkohol maupun hidrogen peroksida atau yodium.

Hal-hal di atas hanya dapat dilakukan untuk jenis luka ringan. Sepatutnya Anda menghubungi dokter jika luka dianggap berbahaya jika tidak ditangani secara serius.

Tips tersebut telah dipublikasikan dalam American Academy of Family Physicians Januari 2012. (*/OL-06)
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment