Cara Mudah Kurangi Asupan Garam

nutritionhealthnet.com
KEBUTUHAN orang dewasa akan garam secara maksimal hanya 2.300 miligram atau satu sendok teh secara keseluruhan per hari. Sedangkan untuk usia 51 tahun keatas atau memiliki penyakit seperti tekanan darah tinggi, ginjal, atau diabetes, maka dibatasi 1.500 miligram per hari.

Sodium  atau elemen natrium merupakan komponen utama yang harus dihindari dari garam. Karena dalam waktu panjang akan menyebabkan risiko seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung, gagal ginjal kronis, dan diabetes. Berikut tips utntuk mengurangi asupan garam, seperti yang dikutip dari situs Health.

1. Lebih banyak konsumsi makanan rumahan. Makanan yang dimasak dari awal secara alamiah lebih rendah garam.

2. Ganti makanan Anda ke jenis yang rendah garam. Pilihlah jenis makanan dengan label kandungan garam sebanyak 140 mg per saji.

3. Berkreasilah dengan membumbui makanan Anda dengan menggunakan rempah-rempah, herbal, lemon, bawang putih, jahe, cuka dan merica. Kurangi konsumsi saus instan, buatlah sendiri saus kreasi yang lebih menyehatkan.

4. Batasi konsumsi soft drink atau soda.

5. Hindari makanan kalengan atau makanan siap saji yang sudah diproses. Kebanyakan makanan jenis ini pasti terasa lebih asin karena kandungan garamnya lebih banyak. Hal ini dikarenakan garam juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. (*/OL-06)
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment