Cara Cepat Atasi Kram

Trik Fabio Comana, ahli fisiologi olahraga, untuk mengatasi kram.
Kram saat olahraga mungkin saja terjadi. Namun, kita tak perlu panik sebab Comana memiliki cara cepat untuk menghilangkan rasa sakit pada otot yang menegang tersebut.
Minum : Dehidrasi adalah salah satu penyebab kram. Ini terjadi karena tingkat elektrolit tubuh terpengaruh kala kita kekurangan cairan. Minumlah setidaknya 600 ml air, 3 jam sebelum beraktivitas. Dan, minum lagi sebanyak 250 ml setiap 15 menit selama latihan.
Lenturkan Otot : Hentikan aktivitas yang tengah kita lakukan, lalu cobalah melenturkan otot di area yang terasa sakit selama 20-45 detik, atau hingga rasa sakit hilang. Kram adalah gejala otot yang tegang. Jadi, melenturkan otot adalah solusi yang tepat.
Tekan bagian yang kram : Ini dapat membantu melepaskan ketegangan otot. Selain itu, tekanan juga akan merangsang reseptor otot untuk melepaskan ketegangan.
Pijat area yang sakit dengan keras: Seperti ketika kita menguleni adonan kue. Cara ini merupakan gabungan kedua metode sebelumnya, yakni melenturkan dan menekan. (Christina/Siagian Priska)

sumber :preventionindonesia.com
Share on Google Plus

About Admin

Cara adalah blog referensi tentang berbagai cara cara yang kita butuh kan dalam kehidupan sehari. Semoga bisa menjadi sumber bacaan yang yang menyenangkan. Terima Kasih telah berkunjung. :D

0 comments:

Post a Comment