Home » » Cara Pilih Hiasan Dinding untuk Rumah Lebih Menarik

Cara Pilih Hiasan Dinding untuk Rumah Lebih Menarik

Written By Admin on Sunday, October 30, 2011 | 8:34 PM

Sebagian besar rumah yang terlihat indah, bisa tercipta dari penempatan karya seni pada ruangan. Dinding yang kosong tanpa hiasan atau pajangan, akan memberi ilusi rumah terkesan hampa dan 'tak bernyawa'.

Jadi, jika ingin rumah Anda terlihat menarik dan mengundang decak kagum tamu, sebaiknya tambahkan permainan warna atau berinvestasi pada sejumlah karya seni atau hiasan dinding. Namun Anda tidak bisa sembarang menempatkan foto atau lukisan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Dilansir Times of India, aspek paling penting untuk menghias rumah dengan karya seni adalah mempertimbangkan berapa besar 'lahan kosong' di dinding Anda. Tempat paling ideal untuk menaruh lukisan adalah ruang tamu, tapi Anda juga tak dilarang jika ingin menempatkannya di kamar tidur. Pilihlah lukisan berdasarkan ruang yang tersedia di dinding. Jangan tempatkan lukisan yang besarnya bisa memenuhi dinding, tapi jangan juga memilih lukisan yang terlalu kecil.

2. Jangan beranggapan kalau menempatkan karya seni di rumah, berarti harus memakan biaya yang lebih besar. Mungkin Anda berpikir untuk memajang lukisan karya seniman besar yang sangat mahal. Tapi benda seni tidak harus selalu dikaitkan dengan harga mahal, Anda juga bisa memilih sesuatu yang lebih murah tapi tetap dapat menciptakan kesan tersendiri yang unik pada ruangan. Tidak harus selalu lukisan asli, Anda bisa menempatkan lukisan karya seniman favorit Anda dalam bentuk print.

3. Ingatlah, karya seni adalah sesuatu yang sangat personal, tergantung dari selera masing-masing individu. Jadi jangan asal memilih gambar hanya karena warnanya serasi dengan warna dinding atau tirai rumah. Pilihlah benda yang memiliki kesan dan arti tersendiri bagi Anda. Sesuatu yang membangkitkan mood atau membuat Anda tenang dan nyaman saat berada di rumah. Cobalah cari benda yang sekiranya akan Anda simpan hingga puluhan tahun kemudian. Anda harus memilih karya seni yang memang Anda cintai dan disukai juga anggota keluarga yang lain.

4. Sesuaikan benda seni pilihan Anda dengan tema penataan rumah. Jika Anda mengusung gaya rumah yang etnik dengan patung dan motif karpet tradisional, pilih juga hiasan dinding yang bertema serupa. Lukisan seperti karya Vincent Van Gogh, tentunya bukan pilihan tepat jika dipadankan dengan rumah bergaya etnik. Sementara lukisan abstrak, akan lebih cocok ditempatkan pada rumah bergaya retro-minimalis.

5. Jika perlu, mintalah seniman atau desainer interior untuk memberikan beberapa tips. Anda bisa memberitahu mereka tentang gaya rumah seperti apa yang Anda punya untuk membantu mereka memberi saran yang sesuai kebutuhan. Mereka juga bisa membantu memilihkan karya seni dan bagaimana menatanya di rumah Anda.

6. Jangan pilih secara terburu-buru. Luangkan waktu lebih banyak untuk melihat-lihat galeri foto secara analog maupun lewat website. Jika mau, Anda pun bisa dibuatkan karya seni sesuai keingingan (custom-made). Satu yang penting, pilihlah secara bijaksana, bukan karena lapar mata.

7. Lukisan atau karya seni yang dicetak, atau print art work harganya biasanya lebih murah dibandingkan lukisan aslinya. Maka itu, tidak ada salah jika Anda mengeluarkan biaya lebih untuk bingkai berkualitas bagus. Anda bisa memilih bingkai kayu berlapis cat warna yang sesuai dengan rumah. Anda juga bisa memilih bingkai berdetail unik seperti ukiran etnik atau pecahan cermin.

sumber : Hestianingsih - wolipop 

http://www.wolipop.com/read/2011/10/31/090223/1756057/858/cara-pilih-hiasan-dinding-untuk-rumah-lebih-menarik?993306woli

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Travel Vacation
Copyright © 2011. Cara - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger